Sponsored Links

Kisi-kisi Ujian Sekolah SD/MI

Istilah US/M (Ujian Sekolah/Madrasah) merupakan pengganti istilah Ujian Nasional (UN) SD/MI yang mulai tahun 2014 dilaksanakan. Perubahan istilah tidak mempengaruhi mata ujian untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) / Madrasah Ibtidaiyah (MI). Tetap ada 3 mata pelajaran yang diujikan yakni:

1. Bahasa Indonesia
2. Matematika
3. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)



Wakil Menteri Bidang Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Musliar Kasim, mengimbau para siswa sekolah dasar tidak malas belajar untuk menghadapi Ujian Sekolah/Madrasah (USM) sebagai pengganti Ujian Nasional (UN).

Hasil US/M tersebut akan digunakan sebagai tolok ukur untuk dapat menempuh ke jenjang berikutnya, yakni Sekolah Menengah Pertama (SMP). Peniadaan pelaksaan UN 2014 terkait dengan pendidikan dasar 9 tahun yang dicanangkan pemerintah. Pendidikan dasar dan menengah, dalam hal ini SD dan SMP, dianggap merupakan kesatuan pendidikan yang berkesinambungan.


Berikut kami sampaikan kumpulan Kisi-kisi US SD/MI yang sudah bisa di download melalui panduan di bawah ini :


Kisi-kisi dan POS US SD/MI Tahun Pelajaran 2013/2014



  1. Download Kisi-kisi US/M SD/MI
  2. POS UN SD/MI 2013, silakan download disini



Pemerintah menegaskan bahwa US/M merupakan pengalihfungsian UN di tingkat SD/MI. Menurutnya, ujian US dengan UN itu sama fungsinya, hanya beda pada pembuatannya. Jika UN dibuat dengan dikoordinir oleh pemerintah secara nasional, UN dikoordinasi oleh provinsi, namun tetap dengan kisi-kisi yang dibuat secara nasional.

Untuk kelulusan siswa SD/MI akan diserahkan sepenuhnya kepada tingkat satuan pendidikan, dalam hal ini adalah oleh pihak sekolah. Sedangkan untuk teknis pelaksanaannya. Pemerintah pusat akan menitip 25 persen soal pada masing-masing tiga mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan Sains. Kebijakan tersebut bertujuan untuk pemetaan kompetensi secara nasional.

Hasil akhir akan dipergunakan oleh kementerian pendidikan untuk melakukan pembinaan. Pembinaan dibutuhkan jika ada sekolah memiliki kompetensi rendah pada bidang tertentu.

Semoga materi Kisi-kisi US SD/MI yang kami sampaikan dapat membantu para siswa menghadapi Ujian Sekolah tahun 2015. Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!

Sumber: Kemdikbud

Post a Comment

0 Comments