Sponsored Links

Jadwal Ujian Sekolah SD/MI Tahun Ajaran 2014/2015

Sebagian pakar pendidikan menilai bahwa Kompetensi riil peserta didik dari siswa/siswi SD/MI tidak bisa hanya dilihat dari hasil ujian sekolah yang akan menjadi penentu kelulusan. Perlu beragam penilaian kelas agar informasi mengenai hasil yang diperoleh peserta didik lebih lengkap. Ujian sekolah sebaiknya hanya jadi salah satu kriteria penentuan kelulusan dan proporsinya lebih kecil dibandingkan dengan penilaian kelas sejak semester pertama.

Pernyataan seperti ini dikemukakan oleh pakar evaluasi pembelajaran dari Universitas Muhammadiyah, Prof Dr Hamka (Uhamka) Elin Driana. Lebih lanjut ia menyampaikan bahwha kapasitas guru untuk mengembangkan dan menerapkan beragam model penilaian kelas perlu ditingkatkan lewat pelatihan. Paradigma penilaian semestinya ditekankan pada assessment as learning dibandingkan assessment of learning yang dominan saat ini. Assessment as learning lebih berperan mengarahkan siswa menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Tampaknya kita sepakat saja bahwa untuk menentukan kelulusan peserta didik harus dilihat dari semua komponen atau aspek. Tidak bisa hanya dari satu aspek apakah itu ujian sekolah atau ujian nasional (UN). Ini berarti penilaian guru harus menjadi komponen penentu kelulusan peserta didik. Karena yang lebih dibutuhkan adalah kompetensi peserta didik. Bukan pada masalah kelulusan saja. Kompetensi penting untuk menyiapkan anak dalam menghadapi kehidupan nyata.

Terkait Jadwal Ujian Sekolah SD/MI Tahun Ajaran 2014/2015, pihak Kemdikbud belum melansir rinciannya. Hal ini bukan berarti menomorduakan Ujian Sekolah SD/MI :), namun kami menganalisa bahwa waktu pelaksanaan Ujian Sekolah SD/MI Tahun 2015 masih lebih lama apabila dibandingkan dengan jenjang pendidikan di atasnya yaitu SMP/MTs sederajat dan SMA/MA/SMK sederajat.

Namun mapel yang akan diujikan tidak ada perubahan dari tahun-tahun sebelumnya. Berikut kami sampaikan Mata Pelajaran yang akan diujikan pada Ujian Sekolah SD/MI Tahun Ajaran 2014/2015 beserta kompoisi soalnya :


Mata Pelajaran Ujian Sekolah SD/MI atau MBD


  1. Bahasa Indonesia | berjumlah 50 soal pilihan ganda
  2. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) | berjumlah 40 soal pilihan ganda
  3. Matematika | berjumlah 40 soal pilihan ganda


Sebagai data sementara menurut asumsi kami bahwa Ujian Sekolah SD/MI Tahun Ajaran 2014/2015 Insya Allah akan digelar mulai sekitar tanggal 18 Mei s.d. 20 Mei 2015.

Ujian Sekolah SD/MI Tahun Ajaran 2014/2015 akan diselenggarakan selama tiga hari, berbeda dengan Ujian nasional (UN) untuk siswa SMP/MTs diselenggarakan selama empat hari, yang jadwalnya sudah tersusun yaitu dari tanggal 4 s.d. 7 Mei 2015.


Sumber:

- Kemdikbud
- Koran Kompas

Post a Comment

0 Comments