Pages

 
Saturday, November 22, 2014

Pengumuman-pengumuman Penting Kemdikbud Untuk Sekolah Indonesia

0 comments

Anies Rasyid Baswedan Ph.D ditunjuk sebagai sebagai Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah (Menbuddikdasmen) periode tahun 2014-2019 menggantikan Mendikbud Prof. Dr. Ir. H. Mohammad Nuh, DEA.

Mengusung semangat segera kerja di Kabinet Kerja pimpinan Presiden yang baru, Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah (Kembuddikdasmen) telah menggelar serah terima jabatan (sertijab) antara M. Nuh Menteri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kabinet Indonesia Bersatu periode 2009-2014 dan Anies Baswedan Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah Kabinet Kerja periode 2014-2019.

Sesjen Ainun mengungkapkan, akan ada penjelasan tentang kinerja kementerian dari menteri periode sebelumnya kepada menteri yang baru. Terkait dengan perubahan nomenklatur kementerian, Sesjen Ainun mengaku sudah tahu sebelumnya. "Kita sudah mendengar rencana, dan wacana mengenai ini beberapa bulan, dan sudah ada antisipasi berupa exercise akan seperti apa. Sesjen menambahkan tindak lanjut perubahan nomenklatur akan dilaksanakan setelah peraturan presiden dikeluarkan. Pihaknya sudah melakukan persiapan, tapi tetap harus akan dilaksanakan mengikut Perpress yang dikeluarkan presiden.


Peristilahan Kemdikbud Tidak Berubah

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mennegaskan nomenklatur (Peristilahan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tidak berubah. Nomenklatur tidak Kementerian Kebudayaan, Pendidikan dan Menengah, tetapi tetap sama yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mendikbud mengatakan nomenklatur Kemendikbud pun juga sudah sesuai dengan surat keputusan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, saat dibacakan dalam acara pelantikan Menteri Kabinet Kerja.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) periode tahun 2009-2014 Mohammad Nuh, bersama Keluarga besar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyambut dengan hangat kehadiran Mendikbud periode 2014-2019 Anies R. Baswedan, di kantor Kemendikbud, Jakarta, Senin (27/10/2014).

"Pak Anies Menteri kita yang baru. Atas nama keluarga besar Kemendikbud kami sampaikan selamat datang," ucap Nuh saat mengawali penyambutannya.

Nuh mengatakan, Anies Baswedan merupakan orang yang tepat dipilih menjadi Mendikbud, dan ia pun sudah cukup lama bergerak di bidang pendidikan dan kebudayaan. Nuh berharap, bersama keluarga besar Kemendikbud, dapat memberian layanan pendidikan dan kebudayaan yang terbaik. Sehingga layanan pendidikan dan kebudayaan semakin lama akan semakin baik.

"Oleh karena itu kawan-kawan semua siap memberikan dukungan penuh kepada Pak Anies dalam menjalankan tugas memberikan layanan pendidikan dan kebudayaan," tutur Nuh.

Mendikbud mengucapkan terima kasih kepada Mohammad Nuh dan keluarga besar Kemendikbud atas penyambutan yang hangat. "Pak Nuh adalah sahabat, dan bukan orang lain bagi saya. Terima kasih Pak Nuh dan keluarga besar Kemendikbud atas sambutan yang hangat kepada saya," kata Mendikbud.

Mendikbud mengatakan, kantor Kemendikbud bukan menjadi hal baru baginya. Ketika duduk dibangku Sekolah Menengah Atas (SMA), ia pernah mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Direktorat Pendidikan Dasar. Saat itu menjadi ruangan pertama yang ia kunjungi adalah ruangan Mendikbud Bapak Fuad Hasan. "Kembali ke tempat ini saya merasa kembali ke habitat yang selama ini memang telah bergaul bersama-sama," ujar Mendikbud.

Pada kesempatan ini Mendikbud menyampaikan tiga prinsip kerja. Pertama adalah mensyukuri perkembangan yang ada dalam pencapaian. Kemudian kedua, perbaiki kekurangan, dan terakhir adalah siap kerja. "Insya Allah perjalanan ke depan adalah perjalanan yang akan kita jalani bersama-sama dengan cara yang baik, dan suasana kekeluargaan yang profesional,"pungkas Mendikbud di akhir sambutannya.


Berikut kami lempirkan beberapa Pengumumuman terkait bidang Pendidikan Nasional yang patut diketahui oleh segenap lapisan masyarakat Pendidikan di Tanah Air dan atau di lingkungan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN).



  1. PEMUTAKHIRAN APLIKASI DAPODIKMEN VERSI 8.1.0 | silakan download file terkait kegiatan disini
  2. WARISAN BUDAYA TAKBENDA INDONESIA TAHUN 2014 YANG DITETAPKAN | silakan download file terkait kegiatan disini
  3. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 64 Tahun 2014-Tentang Peminatan Pada Pendidikan Menengah | silakan download file terkait kegiatan disini
  4. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia NOMOR 257/P/ 2014 Tentang Unit Pengelola Beasiswa Pendidikan Dan Kebudayaan | silakan download file terkait kegiatan disini
  5. Permendikbud Nomor 65 Tahun 2014 Tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru Kurikulum 2013 Kelompok Peminatan Pendidikan Menengah yang Memenuhi Syarat kelayakan untuk Digunakan dalam Pembelajaran | silakan download file terkait kegiatan disini



Semoga bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!




Sumber:

- Kembuddikdasmen
- Kemdikbud

Related Articles:

Leave a Reply

 
Schools Directory © 2011 - 2016 Blog BAN-PT & World Sharings. Supported by Info Online

Thanks for All friends